Sukses

1 Terduga Teroris Tewas di Poso Diduga Warga Tiongkok

Diduga, orang tersebut merupakan warga Suku Uighur, Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Tim operasi Tinombala baku tembak dengan terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Pegunungan Tabalosa, Lore, Poso, Sulawesi Tengah, Selasa 15 Maret 2016. 3 Terduga teroris ditemukan tewas pascabaku tembak.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan mengatakan, semula hanya 2 terduga teroris yang ditemukan tewas. Namun pada sore hari, tim menemukan 1 orang lagi dalam kondisi tak bernyawa tak jauh dari lokasi pertama.

‎"Jadi dari kelompok Santoso ditemukan 2 tewas di lokasi dan sore kita temukan 1 di sungai," ujar Anton di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Menurut dia, 1 dari 3 terduga teroris itu memiliki ciri-ciri fisik sebagai warga negara asing (WNA). Diduga, orang tersebut merupakan warga Suku Uighur, Tiongkok.

"Dari kulit agak putih, kemungkinan (suku) Uighur salah satunya. Saat ini masih diidentifikasi apakah benar Uighur atau bukan," tutur Anton.

Dia mengungkapkan, berdasarkan data intelejen, kelompok MIT pimpinan Santoso alias Abu Wardah itu kini tersisa 38 orang. Namun, kemungkinan bisa bertambah, karena banyak simpatisan kelompok yang berafiliasi dengan ISIS.

"Kemarin juga kita temukan simpatisan yang mengirim makanan," pungkas Anton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.