Sukses

4 Korban Meninggal Kebakaran RSAL Mintohardjo Sedang Diterapi

Saat waktu terapi hampir selesai, operator mengurangi tekanan menuju 1 atmosfer. Lalu sepuluh menit berselang terlihat percikan api.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo terbakar siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB. Sebanyak 4 orang jadi korban kebakaran yang terjadi di ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT).

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Muhammad Zainuddin mengatakan keempat pasien itu tengah terapi tabung dengan tekanan 2,4 atmosfer sejak pukul 11.30 WIB.

"Terapi tersebut biasanya dilakukan 2 jam sampai pukul 13.30 WIB," kata Zainuddin dalam siaran persnya, Senin (14/3/2016).

 



Saat waktu terapi hampir selesai atau pukul 13.00 WIB, lanjut dia, operator mengurangi tekanan menuju 1 atmosfer. Lalu 10 menit berselang terlihat percikan api di dalam chamber.

"Operator dengan cepat membuka sistem fire tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan," ujar Zainuddin.

Salah satu dari 4 pasien itu adalah anggota DPD RI Sulistyo. Sementara korban lainnya adalah Irjen Pol Purnawirawan Abubakar Nataprawira, Edi Suwandi, dan dr Dimas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.