Sukses


Ini Ideologi Punya Indonesia Kebanggaan Pendiri Bangsa

Di Sidang Umum PBB tahun 60-an, Bung Karno mengatakan bangsa Indonesia punya ideologi yang berbeda dengan dunia barat maupun timur.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa setelah amandemen keempat, terjadi perubahan konstitusi yang sangat mendasar. Konstitusi yang sudah diamandemen itu berbeda dengan keinginan para pendiri bangsa, terutama Sila keempat Pancasila.

"Dalam pidatonya Bung Karno tahun 1960-an di Sidang Umum PBB, Bung Karno dengan tegas mengatakan bahwa Indonesia tidak ingin mempunyai ideologi ala barat liberalis kapitalis maupun timur yang komunis. Bung Karno mengatakan bangsa Indonesia punya ideologi sendiri yaitu Pancasila," ungkap Zulkifli Hasan dihadapan sekitar 200 mahasiswa dan beberapa anggota DPR asal Sulawesi Selatan yang hadir di Auditorium Al-Amin Universitas Muhammadiyah Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (11/3).

Diakui, Zulkifli bahwa demokrasi yang ada sekarang mirip dengan demokrasi di Barat. "Demokrasi kita menang-menangan," ujarnya. Dengan pengertian bahwa kedaulatan di tangan rakyat sehingga dalam pemilu suara rakyat menentukan.

Berkaitan dengan demokrasi yang sekarang ini, Zulkifli pun mengkritisi etika dan sikap para pemimpin di era demokrasi.

"Demokrasi kita sekarang ini sudah bagus tapi etikanya yang masih kurang bagus, di mana masih banyak para pemimpin dan kaum elit kita tidak memahami etika berbangsa dan bernegara," papar Zulkifli.

Dijelaskankan oleh Zukifli juga bahwa setelah 19 tahun pasca reformasi, MPR sudah banyak didatangi oleh beberapa elemen masyarakat dan menyampaikan pendapat bahwa saat ini bangsa Indonesia memerlukan haluan negara.

"Ada juga yang mengusulkan untuk menghidupkan kembali GBHN," ujar Zulkifli Hasan.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini