Sukses

Unjuk Kekuatan, Iran Uji Rudal Jarak Menengah

Iran kembali melakukan uji coba rudal jarak menengah miliknya setelah sebelumnya berhasil meluncurkan rudal jarak pendek. Rudal tersebut diklaim mampu menjangkau Israel.

Liputan6.com, Teheran: Iran kembali melakukan uji coba rudal miliknya setelah sebelumnya berhasil meluncurkan rudal jarak pendek. Kali ini, Iran menguji rudal jarak menengah. Demikian berita yang dilansir Associated Press, Senin (28/9).

Televisi pemerintah Iran mengatakan Garda Revolusi Iran, lembaga yang bertanggung jawab mengontrol program rudal, sukses meluncurkan rudal jarak menengah Shahab-3 dan Sajjil yang mampu mencapai area sejauh 2.000 kilometer. Meski hanya berjarak menengah, kedua rudal disebut-sebut mampu menjangkau Israel dan pangkalan militer Amerika Serikat di Timur Tengah.

Para analis militer mengatakan uji coba ini dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan Iran kepada negara-negara lainnya, termasuk Israel. Analisis tersebut tak berbeda dengan pernyataan Kepala Garda Revolusi Iran Jenderal Hossein Salami, yang menegaskan tujuan peluncuran adalah menunjukkan kemampaun Iran mempertahankan dirinya dari serangan negara lain.

Sebelumnya Iran menjadi sorotan, setelah Garda Revolusi Iran menyatakan sukses melakukan uji coba peluncuran rudal jarak pendek, Ahad, kemarin. Rudal yang diuji adalah Fateh-110, Tondar-69, dan Zelzal yang semuanya merupakan rudal jarak pendek. Fateh-110 memiliki jangkauan 193 kilometer, sedangkan Tondar-69 dan Zelzal masing-masing dapat menjangkau area sejauh 150 dan 210 kilometer [baca: Iran Tes Rudal Jarak Pendek].(AND)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.