Sukses

3 Korban Longsor Cianjur Ditemukan, Basarnas Hentikan Evakuasi

Dari 11 orang pengunjung hotel itu, sebanyak 8 di antaranya selamat dan 3 ditemukan tewas tertimbun material longsor.

Liputan6.com, Cianjur - Badan SAR Nasional (Basarnas) resmi menghentikan operasi pencarian koban longsor di Hotel Club Bali, kawasan Villa Kota Bunga, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Keputusan penghentian dilakukan setelah ditemukannya 3 korban meninggal, yakni Meilanawati (52), Budi Tanuadi Supena (36), dan Bun Susanto (35).

Kepala Operasi SAR Jakarta Danang Priandoko menegaskan, pencarian ini resmi dihentikan, karena berdasarkan laporan dari pihak manajemen tidak ada lagi korban yang tertimbun material longsor.

Data pengunjung yang menginap di Hotel milik Sinarmas itu hanya berjumlah 11 orang. Dari 11 orang itu, sebanyak 8 di antaranya selamat dan 3 ditemukan tewas tertimbun material longsor.

 



Sementara kaitan pasca-operasi SAR, pihak Basarnas menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah.

"Soal tebing setinggi 40 meter longsor dan evakuasi bangunan Hotel Club Bali, itu tugas pemerintah daerah," ujar Danang.

Apabila pihaknya menerima laporan masih ada korban yang tertimbun, maka Basarnas akan kembali melakukan evakuasi. "Kalau ada bau-bau bangkai baru kami turun lagi," imbuh Danang.

Data korban meninggal dunia dalam longsor yang menimpa Hotel Club Bali di kawasan Villa Kota Bunga, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur adalah Meilanawati (52), Budi Tanuadi Supena (36), Bun Susanto (35).

Sedangkan korban selamat yakni Lani (34), Natasya (7), Angel (4,5), Ester (2,5), Mistar (30), Elviana margaret (36), Kim, dan Dewi (17).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini