Sukses

Datang ke Indonesia, Putri Belgia Akan Bawa Banyak Cokelat

Indonesia kembali kedatangan tamu penting. Kali ini Putri Astrid dari Kerajaan Belgia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali kedatangan tamu penting. Kali ini Putri Astrid dari Kerajaan Belgia, hadir ke Tanah Air untuk membawa misi penting.

Rencananya Putri Astrid akan berada di Jakarta selama sepekan, mulai dari 12 sampai 19 Maret.

Tidak hanya untuk memperkuat kerjasama antar 2 negara, lawatan resmi Putri Astrid dikabarkan akan membawa banyak cokelat dari Belgia ke Indonesia.

"Misi (ke Indonesia) ini sangat penting karena cokelat. Orang Belgia tidak bisa hidup tanpa cokelat," ucap Duta Besar Belgia untuk Indonesia Patrick Herman di kediamannya, Kamis (10/3/2016).

"Jadi akan banyak cokelat dalam misi Belgia kali ini," tambah Herman.

Menurut Herman, hubungan Belgia dan Indonesia sudah terbina sangat lama. Saat ini relasi tersebut terjalin sesuai harapan.

Meski menguat, Herman menyatakan bukan berarti kedua negara berpuas diri. Belgia sudah berkomitmen membawa hubungan bilateral tersebut ke level tertinggi yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Herman menjelaskan penguatan hubungan ini akan ditandai dengan kedatangan Putri Astrid. Area hubungan bilateral yang akan diperkuat adalah di bidang ekonomi.

"Kunjungan misi ekonomi ini tentunya sangat penting karena banyak perusahaan dan pengusaha Belgia yang ikut," tutur Herman.

"Tujuannya adalah menjalin kerjasama investasi dan bisnis. Ini merupakan misi ekonomi paling besar ke Indonesia," tegas Herman.

Dia menambahkan, Putri Astrid saat ke Indonesia nanti tak hanya ditemani pengusaha. Tetapi juga ada 5 menteri yang diboyong ke Indonesia.

Di antaranya adalah Menlu dan Wakil PM Didier Reynders, Menteri Ekonomi Jean-Claude Marcourt, Menteri Pekerjaan Phillip Muyters, Sekretaris Negara untuk Perdagangan Luar Negeri Pieter de Cream dan Menteri Komisi Masyarakat Prancis yang bertanggungjawab pada Pelayanan Publik dan Kesehatan Cecile Jodogne.

Lawatan Puteri Astrid ke Indonesia bukanlah yang pertama. Pada 2012 adik dari Raja Belgia saat ini Raja Philippe, juga pernah menginjakkan kakinya di Tanah Air.

Herman mengatakan sangat senang dengan kedatangan Putri Astrid ke Indonesia. Hal yang lebih menggembirakan lagi, Presiden Joko Widodo dijadwalkan datang ke Brusel tahun depan.

"Presiden dari Pak Soeharto, Ibu Mega, Gus Dur dan Wapres Pak JK pernah ke Belgia. Nanti, Februari 2017 Pak Presiden akan mengunjungi Belgia," ucap Herman.

Misi ekonomi Belgia yang dipimpin Puteri Astrid kali ini, sudah diadakan 5 kali. Pada 2016, misi tersebut diikuti 301 peserta.

Belgia merupakan eksportir ke-6 terbesar ke Indonesia di Uni Eropa. Untuk sekarang, Belgia juga menjadi investor ke-5 terbesar di Indonesia dibanding negara-negara Uni Eropa lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.