Sukses

Mepandes, Upacara Potong Gigi Khas Bali

Masyarakat Bali memiliki tradisi unik, yaitu, tradisi potong gigi. Tradisi ini diyakini dapat menghilangkan enam sifat buruk manusia.

Liputan6.com, Denpasar: Mengikis gigi menghilangkan sifat buruk manusia. Inilah tradisi masyarakat Hindu-Bali dalam Mepandes. Ritual yang juga disebut Metatah ini digelar saat anak beranjak dewasa atau sebelum menikah. Tak heran, sebuah upacara potong gigi gratis yang digelar untuk masyarakat kurang mampu ramai peminat.

Berbalut busana putih dan kain kuning, deretan anak-anak ini bersiap mengikuti upacara. Tabuhan gamelan mengiringi upacara yang melibatkan 15 sangging atau tukang potong gigi. Mepandes dibuka dengan Mabhyakala dan Maprayascita atau penyucian diri oleh tujuh orang pendeta Hindu.

Saat potong gigi dimulai, para remaja merebahkan diri dan membuka mulut lebar-lebar. Enam buah gigi diratakan dengan alat kikir. Ini melambangkan menghapus enam sifat buruk manusia, yakni, nafsu, rakus, marah, mabuk, bingung, dan dengki.

Upacara ini biasanya digelar individual yang bisa menghabiskan biaya puluhan juta rupiah. Untuk itu upacara digelar secara massal agar dapat menghemat biaya tanpa mengurangi nilai-nilai inti upacara. Selengkapnya simak video berita berikut.(ISW/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini