Sukses

Pencarian Korban Longsor Hotel di Cianjur Dihentikan Sementara

Pencarian akan dilanjutkan besok sekitar pukul 08.00 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Tim gabungan menghentikan sementara pencarian korban reruntuhan bangunan Hotel Club Bali, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Bangunan hotel runtuh akibat diterjang longsor pada Rabu dini hari. Hingga saat ini, masih ada 3 korban di dalam runtuhan bangunan penginapan itu.

Pencarian korban dihentikan sementara sekitar pukul 17.00 WIB. Hal ini disebabkan cuaca di wilayah tersebut diguyur hujan sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan lantaran tanah tebing yang berada di atas hotel.

"Atas instruksi Kapolres proses evakuasi korban yang masih terjebak di reruntuhan dihentikan sementara," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Suparman, Rabu (9/3/2016).


Ia menambahkan, pencarian akan dilanjutkan besok sekitar pukul 08.00 WIB. Sebab, berdasarkan informasi dari BMKG diprediksi hujan masih mengguyur kawasan Cipanas hingga malam nanti.

"Insya Allah besok pagi pencarian dilanjutkan," kata dia.

Tebing setinggi 40 meter yang berada di belakang Hotel Club Bali, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, longsor pada Rabu pukul 00.10 WIB. Longsoran tanah menimpa kompleks penginapan di hotel tersebut roboh.

Ada 11 tamu yang tengah bermalam di hotel itu. 6 Orang di antaranya selamat dari peristiwa maut tersebut. Sementara, 5 lainnya terjebak di reruntuhan lantai 2 bangunan.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan BPBD Kabupaten Cianjur mengerahkan 1 unit beko dalam evakuasi korban. Hingga sore tadi, baru 2 korban yang berhasil dievakuasi.

"2 orang sudah berhasil dievakuasi tadi siang. Sementara 3 korban lainnya belum berhasil dievakuasi," ujar Asep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

    cianjur

Video Terkini