Sukses

Heningnya Maba Saat Gerhana Matahari Total Terjadi

Suasana mendadak hening ketika fase totalitas gerhana matahari tiba di kota Maba.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kota Maba, Halmahera Utara, yang berkumpul di Pendopo Maba bersorak menjelang kegelapan gerhana matahari total. Seorang warga menciptakan suara dengan memukul-mukul tiang listrik.

Suasana mendadak hening ketika fase totalitas tiba. Warga mulai melepas kacamata gerhana lalu berkeliaran di seputar lapangan pendopo. Umumnya warga berfoto bersama.

Di sisi lain pendopo, para peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan National Aeronautics and Space Administration (NASA) sibuk mengoperasikan teleskop.

Keheningan berlangsung lebih lama ketimbang fase totalitas. Setelah terang, warga kembali menggunakan kacamata gerhana untuk melanjutkan melihat proses bulan meninggalkan matahari.

Pantauan Liputan6.com, piringan matahari tertutup bulan selama 3 menit. Sayangnya, awan mendung bergelayut di depan matahari.

Korona matahari tampak sebagai cahaya putih samar yang berpendar karena tertutup awan.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini