Sukses

VIDEO: Sambut Nyepi, Ratusan Ogoh-ogoh Diarak

Suasana sepanjang jalan sekitar patung catur muka, Denpasar, telihat meriah karena parade ogoh-ogoh.

Liputan6.com, Denpasar - Warga Hindu Bali menggelar Malam Pengerupukan dengan mengarak ratusan ogoh-ogoh di pusat Kota Denpasar. Pawai ogoh ogoh dan upacara Tawur Kesanga juga dilaksanakan umat hindu suku Tengger di Pasuruan, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (9/3/2016), suasana sepanjang jalan sekitar patung catur muka, Denpasar, Bali, terlihat meriah dengan ribuan orang tumpah ruah untuk menyaksikan parade ogoh-ogoh yang di tampilkan oleh masing-masing banjar atau dusun adat.

Ratusan ogoh-ogoh yang melambangkan kekuatan jahat berbagai bentuk menyeramkan diarak dan di goyang-goyang, diringi gamelan bleganjur. Warga pun menikmati parade setahun sekali ini.

Pawai ogoh-ogoh dan upacara Tawur Kesanga menjelang Hari Raya Nyepi juga dilakukan umat Hindu suku Tengger di Pasuruan, Jawa Timur. Puluhan patung ogoh-ogoh yang dikirim dari kecamatan Tosari, Puspo dan Nongkojajar di lereng Gunung Bromo diarak keliling kampung dan berakhir di lapangan Tlogosari, Kecamatan Tosari.

Di tempat ini, seluruh peserta dan warga kemudian mengikuti upacara Tawur Kesanga untuk berdoa jelang Hari Raya Nyepi sekaligus mengusir roh roh jahat yang mengganggu manusia dan alam semesta.

Rangkaian tradisi pawai ogoh-ogoh ini berlanjut hingga malam hari dengan prosesi membakar ogoh-ogoh di desanya masing-masing.


*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.