Sukses

Kabareskrim: Deponering Bukan Menyatakan Orang Tak Bersalah

Menurut dia, di tahap penyidikan, sudah jelas disebutkan perkara kedua eks pimpinan KPK tersebut benar terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo telah memutuskan untuk mengesampingkan (deponering) perkara mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad dan Bambang Widjojanto. Otomatis, perkara pidana yang membelit keduanya tidak diteruskan kembali.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Anang Iskandar mempunyai pendapatnya sendiri. Dia mengatakan deponering bukan untuk menyatakan seseorang tidak bersalah atas tindak pidana yang diduga telah dilakukan.

"Kan deponering bukan menyatakan seseorang tidak bersalah. Tetap bersalah," kata Anang di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Menurut dia, di tahap penyidikan, sudah jelas disebutkan perkara kedua eks pimpinan KPK tersebut benar terjadi. Apalagi diperkuat pernyataan kejaksaan yang mengatakan berkas perkara keduanya sudah lengkap.

"Karena sudah disidak dan dinyatakan penyidikannya selesai oleh kejaksaan. Ini kan artinya dia bersalah," ucap Anang.

Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) ini juga menolak dianggap melakukan kriminalisasi terhadap Samad dan Bambang.

"Kalau kriminalisasi enggak mungkin berkasnya jadi," tandas Anang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini