Sukses

Triawan Munaf Resmikan Studio Animasi Berstandar Internasional

Dalam peresmian tersebut, turut diputar trailer animasi berdurasi 2 menit karya pelajar SMK Raden Umar Said

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan Bupati Kudus, Musthofa, Senin (7/3) kemarin telah meresmikan RUS Animation Studio, sebuah studio animasi yang dibangun di lingkungan SMK Raden Umar Said, Kudus, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Triawan Munaf mengaku gembira dengan perkembangan dunia pendidikan animasi Tanah Air. Dia pun turut memberikan apresiasi tinggi kepada Djarum Foundation yang telah membangun studio animasi dengan fasilitas berstandar internasional.

"Saya tadi sekilas berjalan di ruang studio. Apa yang selama ini saya lihat di berbagai studio di luar negeri, working station terbuka yang nyaman dan sangat informatif, semua ada di sini," ujar Triawan Munaf.

"Sehingga nanti kalau siswa-siswa ini bekerja di studio-studio di luar negeri mereka tidak akan kaget karena mereka tidak akan bekerja di dalam ruangan yang kaku seperti di SMK-SMK lain. Mereka bekerja persis seperti di studio-studio luar negeri yang saya kunjungi, seperti Walt Disney dan Pixar," tambah ayah penyanyi Sherina Munaf.

RUS Animation Studio resmi beroperasi sejak 6 bulan lalu dan telah memiliki angkatan pertama dengan 1 kelas untuk jurusan Animasi 3D. Studio ini berdiri berkat kolaborasi Bakti Pendidikan dari Djarum Foundation bersama Autodesk dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation.

Suasana di dalam RUS Animation Studio

Dengan dibantu oleh para guru pembimbing, para siswa SMK Raden Umar Said mampu menunjukkan keterampilan mereka dalam membuat suatu trailer film animasi berjudul “Pasoa dan Sang Pemberani” yang berdurasi sekitar 2 menit. Usai diputar, trailer ini pun mendapat tepuk tangan dari para tamu undangan yang hadir.

"Ini luar biasa, baru 4 bulan lalu (mulai berjalan), ada bakat-bakat di situ, tinggal difasilitasi," kata Triawan.

Kisah Pasoa diharapkan dapat memperkenalkan nilai-nilai untuk menjaga kekayaan hayati Indonesia, sekaligus memperkenalkan kekayaan dongeng tradisional yang berakar di masyarakat Indonesia. Selanjutnya, film animasi karya siswa SMK rencananya ini akan ditayangkan di satu televisi swasta nasional pada Juli 2016. Soundtrack film animasi 3D di isi oleh Isyana Sarasvati. Pada peresmian RUS Animation Studio, Isyana secara langsung melantunkan Ost Pasoa dan Sang Pemberani dihadapan para tamu undangan.

 

“Melalui program peningkatan kualitas sekolah menengah kejuruan yang telah dirintis sejak tahun 2012, Djarum Foundation terus konsisten dalam mencetak lulusan SMK yang trampil dan siap bekerja pada bidang pekerjaan berpenghasilan tinggi, khususnya di sektor industri kreatif”, ujar Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H. Serad.

Primadi menambahkan, tidak hanya berupaya menyiapkan tenaga terampil bagi industri animasi, kehadiran studio animasi SMK Raden Umar Said Kudus juga ingin menciptakan karya seni kreatif yang mampu membawa kearifan lokal Indonesia kepada seluruh pecinta tayangan animasi di seluruh dunia.

Peresmian RUS Animation Studio ditandai dengan menekan tombol sirine

Acara peresmian juga dihadiri oleh Program Manager Autodesk Education, Lili Setiawati. Turut hadir Managing Director Sumitomo Mitsui Banking Corporation, Ryuji Nishisaki. Serta Vice President Director Djarum Foundation, Agus Siswanto Wibawa.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini