Sukses

Menteri Tjahjo: Saya Tidak Nonton Gerhana, di Jakarta Saja

Lebih dari 5.000 wisman akan memadati dan menyebar ke provinsi atau daerah yang dilintasi GMT 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku tidak menjadwalkan kunjungan ke daerah untuk menyaksikan gerhana matahari total (GMT) pada Rabu 9 Maret 2016. Politikus dari PDIP ini memilih menjalankan tugasnya di Jakarta.

"Tidak nonton (gerhana matahari total). Saya bertugas di Jakarta saja," ujar Tjahjo usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin 7 Maret 2016.  

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Destinasi Wisata Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Johnnie Sugiarto mengatakan, lebih dari 5.000 wisatawan mancanegara (wisman) akan memadati dan menyebar ke provinsi atau daerah yang dilintasi GMT 2016 pada Rabu besok.

"Perkiraan kami, total lebih dari 5.000 turis datang ke Indonesia hanya untuk event ini saja," kata dia.

Menurut Johnnie, turis yang berkunjung ke Indonesia untuk menyaksikan GMT berasal dari Jepang, Tiongkok, Australia, dan negara lainnya.

"Saya dapat informasi ada 3.000 wisman Jepang datang ke sini hanya untuk melihat GMT," tutur dia.

Ada 11 provinsi yang dilintasi GMT 2016. Ke-11 provinsi tersebut adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Informasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut, jalur GMT 2016 akan bermula di Palembang, Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat.

Sedangkan warga yang berada di Kota Padang, Jakarta, Bandung, Jakarta, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon hanya bisa menikmati fenomena gerhana matahari sebagian.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.