Sukses

Arus Balik Tegal-Cirebon Ramai Lancar

Meningkatnya volume kendaraan arus balik tak mengakibatkan terjadi kemacetan di jalur pantura antara Tegal-Cirebon. Kondisi jalan ramai lancar.

Liputan6.com, Brebes: Meningkatnya volume kendaraan arus balik tidak mengakibatkan terjadi kemacetan di jalur pantai utara Jawa (Pantura) antara Tegal-Cirebon. Kondisi jalan yang dilalui pemudik tergolong ramai lancar. Pasalnya kini banyak jalan alternatif yang bisa dipilih pemudik. Demikian pantauan SCTV, Jumat (25/9) petang.

Salah satu jalur alternatif yang dilalui adalah Tol Pejagan. Jika kendaraan dipacu antara 60 kilometer hingga 80 kilometer per jam, maka hanya 30 menit sampai di Cirebon. Namun bagi para pemudik dari Purwokerto dan Yogyakarta yang akan menggunakan Tol Pejagan harus menghadapi kemacetan di pertigaan Ketanggungan.

Kemacetan terjadi karena tepat di pertigaan terdapat pasar. Selain lalu lalang pedagang, banyak angkutan umum dan becak yang tak disiplin. Kemacetan juga menghadang pemudik yang memilih jalur Brebes-Losari yakni kesemerawutan pedagang Pasar Gebang. Sejumlah polisi yang diturunkan belum bisa mengurai kemacetan.

Sementara itu kondisi Stasiun Tegal terus dibanjiri penumpang yang akan kembali ke Jakarta. Sebagian besar mereka menumpang Kereta Api Tegal Arum. Sebagian pedagang adalah buruh pabrik. Mereka memilih naik kereta ekonomi karena ongkos yang murah dan tidak terjebak dalam kemacetan di sepanjang  Pantura.

Kondisi berbeda terlihat di Terminal Tegal. Terminal terbesar di sepanjang Pantura ini tidak diserbu penumpang yang akan ke Jakarta atau kota-kota lain. Dalam pantauan SCTV hanya terlihat beberapa penumpang yang naik mobil. Sementara para awak bus terlihat bersantai-santai di warung sambil ngopi.(JUM/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini