Sukses

Top 3: Fakta-fakta Penting Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana matahari total (GMT) hanya bisa diamati di wilayah Tanah Air pada Rabu 9 Maret 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari total (GMT) hanya bisa diamati di wilayah Tanah Air pada Rabu 9 Maret 2016.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan, gerhana matahari total 2016 adalah peristiwa langka. Bahkan bisa dikatakan pengalaman 'sekali seumur hidup'.

Tak heran, segala yang terkait dengan peristiwa langit tersebut menyedot perhatian pembaca Liputan6.com. Berita bertajuk '6 Fakta yang Penting Diketahui soal Gerhana Matahari Total 2016' menjadi yang terpopuler pada Minggu sore (6/3/2016) dari kanal News.

Selain itu masih ada sejumlah berita terpopuler lainnya yang terangkum dalam Top 3 News Liputan6.com berikut ini:

1. 6 Fakta yang Penting Diketahui soal Gerhana Matahari Total 2016

Palu antusias promosikan wisata gerhana matahari total yang akan terjadi pada 2016.

Peristiwa gerhana matahari total bukan kali pertamanya terjadi di Indonesia. Fenomena itu pernah ada pada tahun 1983, 1988, dan 1995. Namun gerhana matahari total 2016 adalah yang pertama terjadi pada Abad ke-21 di Indonesia.

Selain itu, Gerhana matahari yang akan terjadi pada 9 Maret 2016, bertepatan dengan ritual Nyepi umat Hindu di Bali, yang jatuh pada bulan baru. Kala itu, bayangan Bulan meliputi area seluas 100-150 km, hanya di 11 provinsi.

Tak cuma itu, masih ada sederet fakta lain terkait gerhana matahari total 2016.

Selengkapnya baca di sini...

2. Kondisi Cuaca 7 Provinsi Saat Gerhana Matahari Total

Ilustrasi Gerhana Matahari Total (iStockphoto)

Sejumlah daerah yang akan dilewati fenomena alam gerhana matahari total ini telah melakukan berbagai persiapan.

Bahkan hotel-hotel yang ada di tempat tersebut telah dipesan oleh wisatawan lokal maupun internasional sejak 2014. Mereka sangat antusias menyaksikan gerhana matahari total tersebut.

Namun begitu, fenomena alam tersebut akan dapat disaksikan dengan sempurna jika didukung dengan kondisi cuaca yang baik. Seperti di Palembang, Sumsel, diprediksi 60% wilayah itu akan tertutup awan saat gerhana matahari total terjadi

Selengkapnya baca di sini...

3. Saat Ahok Goda Ibu-ibu di Depan Sang Istri

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, saat memanen tanaman hidroponik. (Liputan6.com/Ahmad Romadoni)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membuka Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Duri Kembangan, di Rusun Daan Mogot, Jakarta Barat. Ahok sempat disuguhi berbagai makanan dari hasil perkebunan hidroponik yang digarap warga.

Setelah membuka RPTRA, Ahok berkeliling ke sekitar rumah susun. Ada sederet tanaman hidroponik yang sudah bisa dipanen. Bersama sang istri Veronica Tan, Ahok memanen beberapa tanaman sayur yang ada.

Dia lalu memanggil sang istri yang sedang berbincang dengan para ibu-ibu PKK yang ada. Dibalut pakaian serba coklat, Veronica pun ikut mencicipi hidangan yang tersedia di sana.

Selengkapnya baca di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini