Sukses

Persiapan BMKG Sambut Gerhana Matahari Total

Kacamata khusus untuk melihat fenomena alam juga telah disiapkan di masing-masing lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mulai bersiap menyambut datangnya gerhana matahari total, Rabu 9 Maret 2016. Persiapan dilakukan di kantor pusat BMKG dan sejumlah daerah yang dilalui gerhana matahari.

"Di lokasi seperti Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu dan Ternate sudah dilakukan berbagai persiapan, seperti penggunaan teropong, pemilihan lokasi, dan live streaming," ujar Deputi Bidang Geofisika BMKG Masturyono saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (5/3/2016).


Selain itu, lanjut dia, kacamata khusus untuk melihat fenomena alam juga telah disiapkan di masing-masing lokasi. "Kami juga sudah melakukan kerja sama peliputan dengan media," kata dia.

Gerhana matahari total 2016 akan melintasi 12 provinsi di Indonesia yaitu Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Sejumlah daerah yang akan dilewati juga telah melakukan berbagai persiapan. Bahkan hotel-hotel yang ada di tempat tersebut telah dipesan oleh wisatawan lokal maupun internasional sejak 2014. Mereka sangat antusias menyaksikan peristiwa langka tersebut.

 


*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gerhana Matahari adalah salah satu fenomena alam yang langka.
    Gerhana Matahari adalah salah satu fenomena alam yang langka.

    Gerhana Matahari

Video Terkini