Sukses

81 Peserta Lolos Seleksi Administrasi Calon Anggota Kompolnas

Ketua Pansel Komjen Pol (P) Imam Sudjarwo mengatakan, dari 81 orang tersebut, mayoritas yang lolos berasal dari luar kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 124 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2016-2020 telah diseleksi.

Dari jumlah itu, panitia seleksi (pansel) melalui rapat pleno pada 3 Maret 2016 memutuskan, sebanyak 81 orang lolos seleksi administrasi dan masuk ke tahap selanjutnya.

Ketua Pansel Komjen Pol (P) Imam Sudjarwo mengatakan, dari 81 orang tersebut, mayoritas yang lolos berasal dari luar kepolisian.

"Dari pakar kepolisian, isinya mantan polisi, pengamat polisi, serta akademisi sebanyak 20 orang. Kemudian sebanyak 61 orang dari tokoh masyarakat dari berbagai profesi," ujar Imam di kantornya, Jakarta, Jumat (5/3/2016).

Dia melanjutkan, peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan ujian tertulis yang akan dilaksanakan pada 10 Maret 2016.

Ujian seleksi calon anggota Kompolnas ke depannya akan menggunakan metode yang baru. Mulai hari ini hingga 11 April 2016, pansel membuka ruang dan kesempatan kepada masyarakat.

"Ruang ini untuk menyampaikan masukan tentang track record para calon anggota Kompolnas dalam rangka menjaring partisipasi publik dalam proses seleksi dimaksud melalui website," tutur Imam.

Anggota Pansel Calon Anggota Kompolnas lainnya, Neta S Pane menjelaskan, nantinya ujian tertulis akan berbeda dari yang sudah-sudah. Yakni, para calon diminta untuk menulis jawaban dalam ujian tersebut dengan tulisan tangan.

"Jadi nanti para calon anggota tidak lagi membawa makalah dari rumah, tetapi akan menulis tangan saat ujian tersebut dilakukan. Hal ini untuk menghindari joki," jelas Neta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.