Sukses

VIDEO: Kondisi Mentawai Dipastikan Aman Pasca-Gempa

Sepanjang bibir pantai timur pulau Sipora tidak terlihat kerusakan akibat gempa.

Liputan6.com, Padang - Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat berkunjung ke Tua Pejat, Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, pascagempa yang terjadi pada Rabu malam 2 Maret.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (4/3/2016), perjalanan dengan kapal Basarnas memakan waktu 4 jam. Sepanjang bibir pantai timur pulau ini, tidak terlihat kerusakan akibat gempa. Aktivitas masyarakat pun tak terganggu.

Tapi jaringan komunikasi mati total sejak tiga hari lalu. Komunikasi satu-satunya hanya menggunakan handy talky untuk menghubungi daerah pantai barat Mentawai, untuk mengetahui kondisi pascagempa.

Dalam kunjungan ini, Basarnas dan BPBD Sumbar membawa sejumlah barang kebutuhan untuk pengungsian warga, seperti tenda darurat dan bahan kebutuhan pokok.

Di Jakarta, Wakil Presiden Jusuf Kalla bersyukur karena tidak terjadi Tsunami seperti yang dicemaskan. Sejauh ini tidak ada juga laporan korban jiwa akibat gempa di Samudera Hindia yang mengguncang Kepulauan Mentawai tersebut.

Menurut Wapres JK, reaksi warga yang berlari menjauh ke atas bukit atau tempat lebih tinggi pascagempa besar, patut diapresasi karena berarti kewaspadaan dan kesadaran akan bahaya tsunami telah timbul di benak warga pesisir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.