Sukses

Gempa Mentawai, Pemprov Sumut Imbau Warga Nias Waspada

Erry juga mengimbau kepada masyarakat Kepulauan Nias untuk tidak panik dan tetap tetang.

Liputan6.com, Medan - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi mengimbau masyarakat di Kepulauan Nias, agar tetap waspada terhadap potensi terjadinya tsunami.

Imbauan ini menyusul terjadinya gempa 7,8 Skala Richter yang mengguncang Kepualauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu malam. Erry juga mengimbau kepada masyarakat Kepulauan Nias untuk tidak panik dan tetap tetang.

"Saya belum mendapat kabar apakah gempa Mentawai berdampak hingga ke Kepulauan Nias. Karena Nias adalah daerah terdekat dari Mentawai di wilayah Sumatera Utara," kata Erry, Rabu (2/3/2016) malam.

Erry juga mengimbau Badan Pengendalian Dampak Bencana (BPBD) Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara, dan Nias Barat, untuk terus berkoordinasi terkait ancaman potensi tsunami.

"Segera beri informasi dini potensi tsunami kepada masyarakat, agar masyarakat dapat melakukan upaya penyelamatan," pesan dia.

Gempa Mentawai 7,8 SR terjadi pada pukul 19.49 WIB di Lempeng Oceanic sesar geser arah horizontal dengan titik koordinat 4.92 Lintang Selatan dan 94.38 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Atau berjarak sekitar 682 kilometer dari Mentawai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.