Sukses

Gempa Mentawai, Warga Padang di Bibir Pantai Siap Mengungsi

Gempa Mentawai dirasakan masyarakat di hampir semua daerah di Sumatera Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diguncang gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter pada pukul 19.49 WIB. Gempa dirasakan masyarakat di hampir semua daerah di Sumatera Barat.

Gempa selama 10 hingga 15 detik itu, membuat kepanikan luar biasa di Bukittinggi, Tanah Datar, Solok Kabupaten Pasaman.

"Gempanya kuat sekali, kami berhamburan keluar masjid," ujar Lisa, seorang warga Kabupaten Solok yang dihubungi Liputan6.com dari Jakarta, Rabu (2/3/2016) malam. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar memberikan peringatan akan adanya tsunami karena gempa tersebut. Gempa berkedalaman 10 KM.

"Kedalaman, 10 Km, potensi tsunami untuk (informasi) diteruskan pada masyarakat," tulis peringatan BMKG Sumbar.

Sedangkan, daerah bibir pantai di Sumatera Barat, seperti Kota Padang telah siap siaga menghadapi segala kemungkinan terburuk yang terjadi akibat gempa Mentawai tersebut.

"Kami sudah berkumpul dan siap dalam 1 komando, saat ini kami juga tengah menginformasikan pada warga untuk bersiaga, kami masih bekerja dan terus memantau," ujar Kasi Pencegahan BPBD Kota Padang, Rita Sumarni pada Liputan6.com, Rabu (2/3/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini