Sukses

VIDEO: Ratusan Rumah di Banyumas Rusak Diterjang Puting Beliung

Angin puting beliung juga merobohkan tiang listrik dan merusak jaringan telepon.

Liputan6.com, Banyumas - Sedikitnya 100 rumah di lima kecamatan di Banyumas, Jawa Timur, yakni Pekuncen, Ajibarang, Gumelar, Cilongok dan Wangon, rusak setelah diterjang angin puting beliung. Sebagian karena tertimpa pohon besar, namun tidak sedikit yang atapnya terbang lantaran tertiup angin.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (1/3/2016), bukan hanya rumah, angin puting beliung juga merobohkan tiang listrik dan merusak jaringan telepon. Pohon tumbang juga sempat melumpuhkan jalur utama menuju Jakarta selama 1 jam lebih.

Hingga kemarin sore, Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Banyumas masih mendata jumlah pasti rumah yang rusak akibat puting beliung.

Sementara di Sukabumi, Jawa Barat, angin puting beliung juga merusak puluhan rumah kontrakan di Jalan Pelabuhan Dua. Kerangka atap rumah yang sebagian terbuat dari baja ringan terbang, sehingga membuat warga yang berada di dalam rumah panik.

Sebagian warga yang rumahnya rusak terpaksa mengungsi ke rumah warga yang tidak rusak. Mereka juga memindahkan sejumlah harta bendanya agar tidak terkena hujan.

Bukan hanya rumah, angin puting beliung juga membuat jaringan listrik terputus. Petugas PLN langsung memperbaiki jaringan listrik agar warga tetap bisa mendapat penerangan di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.