Sukses

Biang Kerok Banjir Depan Istana Terkuak, Bagaimana Wilayah Lain?

Bukan tidak mungkin temuan serupa terdapat di beberapa titik di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengungkap penyebab banjir di jalan depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Lokasi lain pun ditelusuri guna mencari kemungkinan temuan serupa.

"Bukan tidak mungkin di titik wilayah lain ada, kami terus lakukan penyisiran mencari kemungkinan itu," kata Kepala Dinas Tata Air Teguh Hendarwan saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (1/3/2016).

Temuan mengejutkan diungkap Dinas Tata Air. Sebanyak 9 bak truk pembungkus kabel optik ditemukan di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan.

Petugas kebersihan menarik bungkusan kabel yang menyumbat saluran air di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/2). Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan adanya dugaan sabotase banjir akibat limbah kulit kabel tersebut (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Teguh tidak menampik penyumbatan air oleh tumpukan pembungkus kabel itu menjadi biang keladi banjir di jalan depan Istana Merdeka. "Ya itu sebabnya," kata Teguh.

Pekan ini, pihak Dinas Tata Air bergerilya mencari penyebab sumbatan air di beberapa titik di Medan Merdeka Utara.

Hasil koordinasi dengan pihak kepolisian, kata Teguh, belum ada pihak-pihak yang melaporkan kehilangan tumpukan kulit kabel tersebut.
Petugas kebersihan mengumpulkan bungkusan kabel yang menyumbat saluran air di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/2). Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan adanya dugaan sabotase banjir akibat limbah kulit kabel itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
"Logikanya kalau ada yang kehilangan dia akan lapor. Tapi nyatanya tidak ada," kata Teguh.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tahaja Purnama mengaku kesal dengan temuan kulit kabel yang menyumbat drainase. Menurut dia, temuan serupa juga pernha ditemukan di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Gila nih. Siapa yang masukin kulit kabel listrik gitu banyak dalam got? Sama kayak kasus Fatmawati," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat, 26 Februari 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini