Sukses

Ridwan Kamil Putuskan Maju-Tidaknya di Pilgub DKI Pagi Ini

Emil harus mengutamakan suara rakyat ketimbang ambisi pribadi untuk berkuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK) disebut-sebut menjadi salah satu kandidat kuat maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Sejumlah partai politik terang-terangan ingin meminang pria yang karib disapa Kang Emil itu untuk menduduki kursi empuk DKI.

Namun ‎RK belum memberikan jawaban secara pasti kesediaannya untuk maju di Pilgub DKI 2017. Kang Emil berjanji akan memberikan kepastian keikutsertaannya di bursa Pilgub DKI pada Senin 29 Februari ini.

"Ada beberapa teman di DKI yang minta maju. Nanti saya diskusi dengan keluarga. Jadi lihat nanti keputusan malam, dan besok saya umumin. Besok jam 9 pagi saya umumkan," ujar Emil di sebuah hotel di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu 28 Februari 2016.


Emil mengaku perlu waktu cukup lama untuk mengambil keputusan maju atau tidak di Pilgub DKI. Sebab‎, ia harus mengutamakan suara rakyat ketimbang ambisi pribadi untuk berkuasa.

‎"Kenapa saya nggak ambil keputusan cepet, karena saya denger dulu cerita orang. Setelah itu baru saya ambil keputusan," papar dia.

Dia juga belum bisa memberitahukan bakal berpasangan dengan siapa jika maju bertarung di Pilgub DKI 2017. "Nanti tergantung keputusan saya. Kan saya rapat dengan tim nanti malam," jelas Emil.

Pertimbangkan Warga Bandung

Sebagai orang nomor 1 di Bandung, tentu Ridwan Kamil sangat mengutamakan aspirasi warganya. Hingga saat ini, separuh warga Bandung menyatakan keberatan jika Ridwan Kamil hijrah ke Jakarta.

‎"Masih 50:50, terbelah yang mendukung dan tidak. Tapi yang pasti akan diambil keputusan terbaiklah. Tidak juga kepentingan saya pribadi, tapi bangsa dan negara. Apakah kalau saya maju lebih positif atau banyak tidak produktif," ucap Emil.

‎Rakyat Bandung menjadi pertimbangan utama dalam masalah ini. Bagi Emil, warga Kota Kembang itu sangat penting. Sebab, dia tidak akan bisa seperti sekarang ini tanpa dukungan warga Bandung.

"Dipertimbangan bangetlah. Saya juga harus konsekuen, biar semua senang. Saya juga nggak pingin menyakiti banyak orang. Kita hitung dukungan, karena warga Bandung juga nggak terlalu setuju," papar dia.

Dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada warga yang telah memberikan masukan terkait wacana pencalonan di Pilgub DKI 2017. Mereka memberikan masukan pada laman Facebook Ridwan Kamil.

"Rekor Muri, itu satu statement beribu komentar. Saya capek bacanya, baru 200 juga yang kebaca. Ini 40 ribu (komentar) dan mayoritas menolak," ujar Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.