Sukses

Ahok, Ridwan Kamil, dan Survei Pilkada DKI 2017

Walaupun popularitasnya di bawah Ahok, Emil menjadi salah satu bakal calon gubernur yang paling disukai.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah nama tenar mulai bermunculan dan mendeklarasikan diri maju dalam gelaran Pilkada DKI Jakarta 2017. Sosok Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjadi 1 dari sekian nama yang santer akan maju dalam pilkada DKI nantinya. Bagaimana popularitasnya?

Hasil beberapa lembaga survei mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017 yang dihimpun Liputan6.com, pada Senin (29/2/2016) menunjukkan, popularitas pria yang kerap disapa Emil ini berada di  bawah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Gubernur DKI yang kerap disapa Ahok ini memiliki popularitas tinggi dibanding nama-nama yang mulai berseliweran.

Berdasarkan survei Centre Strategic and Internasional Studies (CSIS), tingkat popularitas Ahok melampaui nama populer lain yang disebut-sebut akan maju dalam Pilkada DKI 2017.

"Dari tingkat popularitas, nama Basuki Tjahaja Purnama masih belum bisa tersaingi, Ahok tingkat popularitasnya ada pada angka 94 persen," ujar Peneliti CSIS, Arya Fernandes, saat menyampaikan hasil survei mengenai Survei Pra Pilkada DKI Jakarta 'Calon Independen vis a vis calon Partai' di Kantor CSIS, Jalan Tanah Abang III, Jakarta, Senin 25 Januari 2016.

Di bawah nama Ahok, menurut Arya, ada nama Tantowi Yahya yang tingkat popularitasnya mencapai 81 persen dan dilanjutkan dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada posisi 71,25 persen.

"Walaupun dalam survei tingkat elektabilitas Ahok 45 persen, sedangkan Ridwan Kamil hanya kisaran 15 persen, namun ada kecenderungan orang yang tidak puas dengan kinerja pemerintahan (Ahok) akan memilih Ridwan Kamil," ujar Arya di Kantor CSIS, Jalan Tanah Abang III, Jakarta, Senin 25 Januari 2016. ‎

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga menunjukkan, Ahok unggul jauh dari para bakal calon pesaingnya. Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu 14 Oktober 2015 membeberkan, Ahok lebih populer ketimbang calon lawan-lawannya.‎

Dalam survei ini, mayoritas responden mendukung Ahok kembali memimpin DKI Jakarta. Ahok mendapat dukungan sebesar 23,5 persen, sedangkan Ridwan Kamil 3 persen, dan Fauzi Bowo atau Foke 2,1 persen.

Emil Paling Disuka

Walaupun popularitasnya di bawah Ahok, Emil menjadi salah satu bakal calon gubernur yang paling disukai.  Hasil survei Cyrus Network mengenai pilkada DKI Jakarta, Ridwan Kamil menjadi paling paling disukai untuk menjadi pimpinan Ibu Kota. Popularitasnya melebihi Gubernur DKI Jakarta saat ini, Ahok.

"Untuk yang paling disukai Ridwan Kamil 72 persen, Tri Rismaharini 71 persen, baru Gubernur Basuki Tjahaja Purnama 67,2 persen," ucap Managing Director Cyrus Network Eko David di Jakarta, Rabu 11 November 2015.

Menurut dia, popularitas Emil dan Risma juga meningkat. Jika sebelumnya, popularitas mereka di Jakarta hanya 73 persen dan 74 persen maka dalam survei terakhir 2 nama ini memperoleh popularitas 81 persen dan 80 persen.

Survei Cyrus Network juga memunculkan Emil dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berpotensi menjadi saingan terberat Ahok jika maju sebagai incumbent dalam Pilkada DKI 2017.

Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi pada Kamis 7 Mei 2015 melihat, ada upaya serius yang dibungkus rapi dengan sangat elegan untuk menarik perhatian publik. Dugaan awal terlihat pada momen Konferensi Asia-Afrika (KAA) beberapa waktu lalu di Jakarta dan Bandung.

Cyrus Network menanyakan kepada responden tanpa memberikan pilihan nama maupun foto/gambar tokoh. Hasilnya ada 3 nama yang mempunyai penilaian tertinggi, yakni Ahok sebesar 96,6% disusul Risma 74,5% dan Emil 73%. Sementara sejumlah tokoh nasional lainnya seperti Menteri Susi, Prabowo Subianto, Wagub Djarot, Haji Lulung, Fauzi Bowo, dan lainnya tingkat popularitasnya masih di bawah 50%.

Sementara tingkat kesukaan kesukaan terhadap ketiganya hampir seimbang. Ahok mendapat poin 62%, sedangkan Emil 62,7% dan Risma 65,6%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

Video Terkini