Sukses

3 Kapolda Dirotasi, Brigjen Idham Azis Bergeser ke BNPT

Pergantian Kapolda Sulteng karena faktor Santoso yang tak kunjung ditangkap?

Liputan6.com, Jakarta - Rotasi jajaran pejabat di tubuh Polri kembali berputar. Khususnya jabatan yang diemban para perwira tinggi atau jenderal. Di antaranya adalah pergantian 3 kapolda.

Dalam Surat Telegram Rahasia yang diterima Liputan6.com, bernomor ST/476/II/2016, tertanggal 28 Februari 2016 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Inspektur Jenderal (Irjen) Sabar Rahardjo, terdapat pergantian 28 perwira tinggi.

Di tingkat kapolda, Irjen Ngadino yang menjabat Kapolda Sumatera Utara digantikan oleh Irjen Raden Budi Winarso yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri. Irjen Ngadino akan memasuki masa pensiun.

Sementara itu, tongkat Kapolda Bangka Belitung (Babel) akan beralih dari Brigjen Gatot Subiyaktoro kepada Brigjen Yovianes Mahar yang sebelumnya menjabat Inpektur Wilayah II Itwasum Polri. Gatot selanjutnya akan bertugas sebagai widyaiswara utama Sespim Polri.

Kapolda Sulawesi Tengah yang saat ini dijabat Brigjen Idham Azis, akan diserahkan kepada Irjen Rudy Sufahriady yang saat ini bertugas di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Bagi Rudy, wilayah Sulteng bukan hal baru. Semasa Badrodin Haiti (kini Kapolri) menjabat kapolda di sana, Rudy ditunjuk sebagai Kapolres Poso untuk menangani terorisme.

Selain di jajaran Kapolda, pergantian juga dilakukan di tubuh Bareskrim. Posisi Irjen Syahrul Mamma yang menjabat sebagai Wakabareskrim akan digantikan Irjen Ari Dono Sukmato yang saat ini menjabat Staf Ahli Manajemen Kapolri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini