Sukses

Nuansa Tiongkok di Masjid Cheng Hoo

Selain bentuk masjidnya yang menyerupai klenteng, aktivitas jamaah masjid yang sebagian besar adalah warga keturunan ini membuat kita seperti berada di negeri Tiongkok.

Liputan6.com, Surabaya: Di Surabaya, Jawa Timur, terdapat sebuah masjid yang memiliki arsitektur unik. Yakni Masjid Muhammad Cheng Hoo yang terletak di Jalan Gading. Masjid yang dibangun oleh komunitas Tionghoa pada 2001 lalu ini memiliki arsitektur khusus dengan kubah berbentuk segi delapan atau pat kwa, yang mempunyai arti kejayaan dan keberuntungan. Di bagian dalam masjid sejumlah ornamen khas Tiongkok terasa sangat kental.

Secara keseluruhan Masjid Cheng Hoo ini berukuran 21 x 11 meter persegi. Sedangkan arsitekturnya sengaja dibangun menyerupai bangunan klenteng. Hal ini menunjukkan identitasnya sebagai muslim Tionghoa. Selain itu untuk mengenang leluhur mereka yang mayoritas beragama Budha. Meski awalnya berjumlah sedikit, jamaah masjid ini lambat laun berkembang pesat.

Pada bulan Ramadan, suasana di masjid ini layaknya seperti kegiatan di masjid lainnya. Di dalam masjid, terlihat sejumlah pemuda keturunan Tionghoa mengaji.  Menjelang buka puasa, sedikitnya 450 bungkus makanan disediakan bagi para masyarakat. Simak liputan selengkapnya dalam tayangan video berikut.(TES)




 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.