Sukses

Gunung Lokon Berstatus Waspada, Karangetang dan Soputan Siaga

Informasi status gunung itu sudah disampaikan ke warga sekitar sehingga jika terjadi kenaikan level maka warga sudah mengantisipasi.

Liputan6.com, Manado - 3 Gunung berapi di Sulawesi Utara, yaitu Lokon, Soputan dan Karangetang dinyatakan berstatus waspada dan siaga. Status Lokon sama dengan beberapa gunung berapi lainnya di Indonesia seperti Egon, Awu, Raung, Gamalama, Sangeangapi, Rokatenda, Ibu, Gamkonora, Papandayan, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci yakni waspada level II.

"Sementara Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara-Minahasa Selatan dan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara masih berstatus Siaga pada level III," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (27/02/2016).

 

Petugas pemantau Gunung Soputan, Asep saat dikonfirmasi mengatakan, informasi status gunung itu sudah disampaikan ke warga sekitar sehingga jika nantinya terjadi kenaikan level maka warga sudah mengantisipasinya.

"Kita masih terus memantau, melihat perkembangannya," ujar Asep saat dikonfirmasi, Sabtu petang.

Sementara Farid R Bina, Kepala Pos Pemantauan Gunung Berapi Mahawu dan Lokon menyatakan hal yang sama. "Meski sebenarnya Lokon turun statusnya sejak beberapa waktu lalu, kami tetap imbau warga jangan menjalankan aktivitas ke arah gunung," ujar Farid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini