Sukses

VIDEO: Banjir Rendam Mobil Penghuni Rusun Tipar Cakung

Sistem drainase yang buruk diduga jadi penyebab banjir di Cakung, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Penghuni Rumah Susun Tipar, Cakung, Jakarta Timur yang hendak keluar rumah terpaksa menerobos banjir di pelataran parkir. Sebagian pemilik mobil tak punya pilihan, tetap memarkirkan kendaraan dalam posisi terendam air setinggi 30-40 centimeter.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (26/2/2016), sistem drainase yang buruk diduga jadi penyebabnya. Ditambah limbah pabrik di sekitar lokasi yang dibuang sembarangan.

Banjir juga menggenangi ratusan rumah warga di Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur, setinggi 80 centimeter. Sebenarnya air sempat surut setelah mesin pompa diterjunkan menyedot air.

Namun hujan deras Jumat pagi, membuat kawasan ini kembali tergenang. Warga sekitar menuding keberadaan pabrik di sekitarnya telah menutup saluran pembuangan air.

Akibat banjir, anak-anak di permukiman ini tak berangkat sekolah. Mereka justru memilih bermain air. Padahal air itu adalah air kotor dan berwarna hitam yang penuh bibit penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.