Sukses

VIDEO: Protes Biaya Kuliah, Mahasiswa Afrika Selatan Bakar Kampus

Mereka membakar gedung kampus sebagai protes uang kuliah dan patung-patung di kampus yang dianggap rasis.

Liputan6.com, Mahikeng, Afrika Selatan - Sejumlah mahasiswa di Mahikeng, Afrika Selatan berunjuk rasa. Mereka membakar gedung kampus sebagai protes uang kuliah dan patung-patung di kampus yang dianggap rasis.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (25/2/2016), sebuah gedung pusat sains di Kampus Universitas North West di Mahikeng dilalap api. Gedung dibakar sejumlah mahasiswa pada Rabu sore (24 Februari 2016), saat mereka berunjuk rasa.

Sebuah rumah kediaman pengawas asrama juga dibakar.

Para mahasiswa itu tadinya berunjuk rasa memprotes uang kuliah, menuntut asrama mahasiswa diperbanyak, dan patung-patung yang melambangkan era Apartheid dulu dibongkar.

Namun, unjuk rasa menjadi anarkis saat pihak pengaman kampus mencoba membubarkan mahasiswa dengan gas air mata dan peluru karet.

Akibat kejadian itu, sejumlah mahasiswa yang tinggal di asrama dievakuasi dan Universitas North West ditutup untuk waktu yang belum diketahui lamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.