Sukses

Hujan hingga Tengah Malam, 39 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

Sejumlah genangan memiliki ketinggian muka air yang berbeda-beda mulai 10 hingga 50 centimeter.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 39 ruas jalan di sejumlah wilayah DKI Jakarta tergenang lantaran hujan yang mengguyur Ibu Kota sejak pagi hingga malam.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, sebaran titik genangan air mencakup wilayah Jakarta Timur 2 titik, Jakarta Barat 7 titik, dan Jakarta Utara yang paling banyak dengan 30 titik genangan di ruas jalan.

Sejumlah genangan memiliki ketinggian muka air yang berbeda-beda mulai 10 hingga 50 centimeter. Dari data BPBD DKI, genangan air yang memiliki ketinggian 30 hingga 50 centimeter berada di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Beberapa ruas jalan yang tergenang hingga 30 centimeter di Jakarta Utara antara lain di Jalan RE Marthadinata, Jalan Raya Cakung, Jalan Teluk Gong Penjaringan, dan Semper Barat. Sedangkan ketinggian genangan yang sama di Jakarta Barat terdapat di ruas Jalan Palapa dan Jalan Dharma Wanita Rawa Buaya.


Sementara genangan setinggi 50 centimeter terdapat di Jalan Patra Kebon Jeruk Jakarta Barat, dan Jalan Gaya Motor Sungai Bambu Jakarta Utara. BPBD juga mencatat tinggi muka air mulai Bendung Katulampa hingga Pintu Air Pulo Gadung terpantau aman.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga terhadap potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S. Swarinoto mengatakan, hal tersebut terpantau dari perkembangan dinamika atmosfer wilayah Indonesia.

"Hal ini terpantau mulai kemarin sore (24/2) di wilayah Utara Jabodetabek intensitas hujan relatif mulai meningkat, sehingga perlu diantisipasi dalam beberapa hari ke depan akumulasi curah hujan juga akan tinggi," kata Yunus seperti dikutip Antara, Kamis (25/2/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.