Sukses

BMKG: Waspadai Hujan Lebat Beberapa Hari ke Depan

Dinamika atmosfer wilayah Indonesia menunjukkan adanya potensi hujan lebat dalam beberapa hari ke depan di wilayah Jabodetabek.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat agar mewaspadai kemungkinan hujan lebat dalam beberapa hari ke depan.

Perkembangan kondisi dinamika atmosfer wilayah Indonesia, menurut BMKG, menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Ini terpantau mulai Rabu sore di wilayah utara Jabodetabek, intensitas hujan relatif mulai meningkat, sehingga perlu diantisipasi dalam beberapa hari ke depan, akumulasi curah hujan juga akan tinggi," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto seperti dikutip dari Antara, Kamis (25/2/2016).

BMKG menyatakan, dalam 3 hari ke depan hujan lebat juga berpotensi turun di wilayah Bangka Belitung, Jawa Barat bagian Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

 

Hujan lebat juga berpeluang mengguyur wilayah Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah bagian selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Yunus menjelaskan, potensi hujan lebat antara lain dipengaruhi oleh masih aktifnya muson dingin Asia dan adanya tekanan rendah di utara Australia, yang mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa lokasi di Indonesia termasuk wilayah utara Jakarta.

Untuk itu BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada dan siaga mengantisipasi banjir, lahar dingin, dan tanah longsor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.