Sukses

Mengintip Catatan PSK Kalijodo Kala Ramadan dan Idulfitri

Dalam buku catatan PSK Kalijodo tertulis tentang pemberian pil KB per tiga bulan sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjaga kesehatannya, para PSK di kawasan Kalijodo, Jakarta Utara, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Selain itu, mereka juga mengantisipasi kehamilan melalui pengecekan dan pemasangan susuk KB (Keluarga Berencana) secara rutin.

Dalam penelusuran Liputan6.com ke ratusan kamar yang ada di Kalijodo, terdapat sebuah buku catatan yang menjelaskan pengecekan kesehatan berkala, lengkap dengan nama dan waktu pengecekan kesehatan mereka. 

Buku dari kafe Bintang itu juga memuat jadwal kerja para PSK. Bahkan jadwal kerja kala Bulan Ramadan dan lebaran Idulfitri pun tercatat dalam lembaran tersebut.

Dalam buku itu, tertulis rapi catatan yang berisi deretan nama PSK. Di bagian paling kiri tertulis nomor, kemudian diikuti nama, waktu, dan kerja.

Mengintip catatan PSK Kalijodo Kala Ramadan dan Lebaran. (Liputan6.com/Muslim AR)

Tak sampai di situ, dalam buku itu pula terdapat catatan tentang pemberian pil KB per tiga bulan sekali kepada para PSK serta bon hasil pembelian macam-macam minuman.

Para PSK di dalam kafe tersebut berjumlah lebih dari 15 orang. Deretan nama tercantum dalam buku tersebut.

Saat ini, beberapa kafe di Kalijodo telah dibongkar sendiri oleh pemiliknya. Untuk membongkar, para pemilik kafe tersebut harus memperlihatkan bukti kepemilikannya kepada petugas. Tapi, banyak juga kafe-kafe yang ditinggalkan begitu saja oleh pengelolanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini