Sukses

Soal yang Satu Ini, Dunia Kagum pada Indonesia

Konselor Politik Kedutaan Kanada di Indonesia, Helena Viau membeberkan hal yang sangat membanggakan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pluralisme yang ada di Indonesia ternyata diperhatikan secara seksama oleh salah satu negara besar di dunia, Kanada. Mereka menyatakan kagum atas terciptanya sikap saling menghormati antarumat beragama di Tanah Air.

Hal itu disampaikan oleh Konselor Politik Kedutaan Kanada di Indonesia, Helena Viau. Menurutnya sikap tersebut sangat membanggakan.

"Indonesia patut merasa bangga karena memililki tradisi lama dalam keberagaman dan toleransi," ucap Viau di kantor PBNU di Jakarta, Senin (22/2/2016).

"Prinsip-prinsip dalam Pancasila telah menegaskan betapa pentingnya persatuan, kemanusian dan juga demokrasi," sambung dia.

Dia menambahkan ia merasa takjub bagaimana toleransi bisa berjalan di Indonesia. Hal karena sikap saling menghormati itu berjalan di negara yang mempunyai jumlah umat Islam paling banyak di dunia.

Oleh karena itu, dia mendorong agar negara-negara lain di dunia dapat mencontoh toleransi antar umat beragama yang ada di Tanah Air.

"Sebagai negara dengan populasi umat Islam terbesar di dunia, Indonesia secara unik diposisikan sebagai model bagi wilayah lain tentang bagaimana mengelola masyarakat lebih toleran dan damai," paparnya.

Selain mendorong negara lain mengikuti langkah Indonesia, Viau menyerukan agar perilaku diskriminasi terhadap kaum minoritas yang masih terjadi untuk dihentikan. Sebab sikap itu bertetangan dengan kemanusian.

"Kekerasan yang disulut oleh sikap intoleransi tidak mendapat tempat di negara mana pun dan bertentangan dengan nilai pluralisme," pungkas Viau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini