Sukses

Sedap Malam, Bunga Favorit Setiap Lebaran

Bunga yang selalu dicari setiap Lebaran adalah bunga sedap malam. Selain bentuknya yang indah dan bersih karena warnanya putih melambangkan kesucian, bunga ini juga menyebarkan wangi harum semerbak.

Liputan6.com, Jakarta: Lebaran atau Idulfitri tinggal hitungan hari. Setiap keluarga muslim pun bersiap menyambut Hari Kemenangan itu. Selain ketupat, bunga sedap malam senantiasa dicari setiap Idulfitri. Maklum, selain bentuknya yang indah dan bersih karena warnanya putih melambangkan kesucian, bunga ini juga menyebarkan wangi harum semerbak.

Tak aneh, bila banyak orang mencari bunga sedap malam untuk menyemarakkan suasana Lebaran di rumah masing-masing. Bunga sedap malam pun dapat dicari di pasar bunga seperti di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat.

Di sentra penjualan bunga di Ibu Kota tersebut, setiap Lebaran penjualan bunga bernama Latin Polianthes tuberosa itu bisa mencapai 30.000 batang. Atau omzetnya naik 10 kali lipat lebih dari hari biasa. Harganya pun naik sekitar Rp 1.000 sampai Rp 2.000 per batang, tergantung banyaknya jumlah yang dibeli. "Kalau sekarang harganya Rp 1.500, nanti bisa jadi Rp 2.500 atau Rp 3.500 per batang," kata Baron, seorang di antara penjual bunga di Pasar Rawa Belong.

Rata-rata pembeli adalah ibu rumah tangga. Biasanya, mereka menggunakan bunga sedap malam sebagai hiasan dan pengharum rumah. Ada pula pengusaha restoran ataupun hotel untuk mempercantik ruangan saat Lebaran. "Ibu -ibu biasanya beli 20 sampai 30 batang," ujar Baron.

Penjual di Pasar Bunga Rawa Belong rela tidak libur selama Lebaran demi meraup berkah keuntungan. Selain sedap malam, bunga radiul dan anggrek termasuk dicari pembeli saat Lebaran.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.