Sukses

VIDEO: Pengurus Pesantren di Jombang Mengaku Penerus Nabi Isa

Seorang pria di Jombang mengklaim mendapat wahyu Tuhan sebagai penerus Nabi Isa.

Liputan6.com, Jombang - Tentunya masih diingat dengan jelas kasus Lia Eden yang mengaku penjelmaan Malaikat Jibril atau Ahmad Mosadeq yang mengaku nabi. Kini, di Jombang, Jawa Timur, ada seorang pria yang mengklaim mendapat wahyu Tuhan sebagai penerus Nabi Isa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (17/2/2016), berdiri sejak 10 tahun lalu, Pondok Pesantren Kahuripan Ash-Shirotol Mustaqim berada di Gempol, Kecamatan Kabuh, Jombang. Saat ini, pesantren dengan santri sekitar 100 orang ini disorot warga, karena pengasuhnya yakni Jari atau Gus Jari, mengklaim sebagai penerus Nabi Isa AS.

Ia mengklaim, diutus untuk meluruskan ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Tugas itu diterima langsung dari Allah SWT melalui wahyu yang ia terima tahun 2005 lalu.

Kepada pengikutnya, Jari mengajarkan kalimat syahadat yang berbeda dibanding syahadat yang lazim, yaitu ada tambahan "Wa Isa Habibulloh".

Merespons munculnya ajaran Gus Jari yang diduga sesat, polisi berkoordinasi dengan Forum Pimpinan Daerah dan MUI Jombang. Jika ajaran Jari dinyatakan menyimpang, polisi akan bertindak tegas.

Menurut Sudjarwoko, sejauh ini, kecuali klaim Jari sebagai penerus Nabi Isa, belum ada aktivitas di Pondok Kahuripan Ash-Shirotol Mustaqim yang meresahkan warga sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.