Sukses

BMKG: 97,4 Persen Wilayah Indonesia Sudah Masuki Musim Hujan

Untuk wilayah Jakarta puncak musim hujan sudah terjadi tapi perlu diwaspadai jika anginnya mengalami perlambatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengatakan sekitar 97,4 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan.

"Sekarang ini memang sedang pada puncaknya, rata-rata di seluruh Indonesia," kata Andi usai pembahasan tentang banjir di kantor Wapres di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/2/2016).

Dalam pembahasan tersebut juga dilaporkan bahwa kejadian hujan yang sangat tinggi di Pangkalpinang berkaitan dengan 2 gangguan cuaca.

Gangguan tersebut yaitu MJO yaitu perenggangan dan perapatan udara yang bergerak dari Lautan Hindia ke Pasifik Barat

Serta adanya indeks ruang dingin yaitu tekanan udara yang kemudian mendorong udara dingin ke selatan kemudian melintasi ekuatorial dan ini bertemu ditambah dengan angin perambatan yang terjadi sehingga jadilah cucuran hujan yang intensitasnya sangat tinggi.

"Pada tanggal 14 Februari 2016 kita lihat indeks ruang dingin ini juga cukup tinggi dan kita perkiraan 2 atau 3 hari terjadi intensitas hujan," kata Andi.

 

Hanya saja, gangguan MJO ini sudah melewati benua maritim sehingga jika terjadi intensitas hujan pada 2 hingga 3 hari ke depan intensitasnya tidak sebesar minggu lalu.

Dalam 2 atau 3 hari ini akan dilihat di Pantai Utara Jawa, sampai Jawa Timur dan Kalimantan di daerah selatan dan timur, Sulawesi di bagian tengah dan sedikit bagian selatan Maluku.

Untuk wilayah Jakarta puncak musim hujan sudah terjadi tapi perlu diwaspadai jika anginnya mengalami perlambatan dan ada tekanan rendah di bawah akan menarik seluruh udara dengan cepat sehingga menyelamatkan Jakarta dari banjir.

Banjir yang merendam Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung pada pekan lalu dengan ketinggian satu hingga dua meter menyebabkan ribuan warga mengungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Musim Hujan