Sukses

Presiden Pimpin Rapat Persiapan Lebaran

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (10/9), memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara. Agenda rapat adalah membahas persiapan memasuki musim mudik lebaran.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (10/9), memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara. Agenda rapat adalah membahas persiapan  memasuki musim mudik lebaran. Rapat dihadiri sejumlah menteri, termasuk pimpinan Pertamina, Dirut Perum Bulog, dan pimpinan Bank Indonesia.

Dalam sambutan pembukaannya, SBY meminta agar persiapan jelang Idul Fitri tidak dianggap sebagai kegiatan rutin. Pasalnya, dinamika mudik dari tahun ke tahun selalu berbeda, termasuk permasalahan yang dihadapi. Saat berita ini diturunkan, rapat masih berlangsung.

Menjelang Lebaran, harga kebutuhan pokok juga terus merangkak naik. Tak heran, hampir setiap operasi pasar murah di berbagai wilayah diserbu warga. Di Serang, Banten, misalnya. Seorang warga merangsek ke depan, khawatir tak kebagian membeli gula pasir dan minyak goreng dalam operasi pasar. Ia pun ditegur petugas keamanan hingga terjadi adu mulut.

Dalam operasi pasar murah ini, gula dijual lebih murah Rp 4 ribu dibanding harga pasaran yakni Rp 7 ribu per kilogram. Sedangkan minyak goreng dijual Rp 7.200 per liter atau lebih murah Rp 3.800. Beras dan terigu juga menjadi rebutan warga dalam operasi pasar murah ini.

Di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, warga tak mampu juga antre di operasi pasar khusus minyak goreng. Di sini minyak goreng dijual Rp 7.000 per liter. Meski harus menunggu berjam-jam, warga tetap bertahan karena mengaku terdesak kebutuhan. Agar tertib, warga dibagikan kupon dalam operasi pasar ini.

Mengingat harga bahan pokok melambung wajar saja operasi pasar diserbu warga. Harga daging sapi bahkan melonjak hingga 20 persen, menjadi Rp 62 ribu per kilogram. Harga daging ayam naik Rp 4 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram.

Kenaikan harga disebabkan meningkatnya permintaan dari masyarakat menjelang Lebaran. Namun, menurut Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu, kenaikan harga yang dipantaunya masih dalam batas normal, yaitu di kisaran lima persen. "Tiap tahun juga (harga kebutuhan pokok) naik, setiap Lebaran dan puasa," ucap Marie. Selengkapnya, simak video.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini