Sukses

VIDEO: Festival Pencarian Gadis Cantik dan Berprestasi

Para siswi berusaha tampil semenarik mungkin dengan pakaian tradisional Mandar.

Liputan6.com, Polewali Mandar - Puluhan gadis cantik berprestasi dari SMA Negeri 1 Polewali Mandar, Sulawesi Barat terlihat bersemangat saat mengikuti festival kecantikan khas Mandar yang disebut Sayyang Pattudduq.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (15/2/2016), layaknya peserta pemilihan putri kecantikan nasional, para siswi ini berusaha tampil semenarik mungkin dengan pakaian tradisional Mandar.

Di sepanjang rute jalanan festival, para peserta diarak menggunakan kuda yang mahir menari mengikuti irama musik yang dimainkan kelompok rebana. Di sepanjang jalan para peserta menebar senyum kepada khalayak.

Ini disebut sekolah sebagai apresiasi terhadap budaya khas Mandar. Festival ini digelar bersamaan dengan peringatan Maulud Nabi Muhammad sebagai sarana sekolah melestarikan budaya lokal.

Festival Sayyang Pattudduq digelar sejak masa kerajaan di abad 16 lalu. Gadis-gadis cantik dan berprestasi dari setiap desa di Polewali Mandar bersaing dalam festival itu. Pemenangnya disebut mendapatkan kesempatan berperan aktif secara sosial politik dan ekonomi di kerajaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.