Sukses

Kapan Pintu Tol Cikunir 2 Kembali Dibuka?

Sejauh ini Jasa Marga baru memutuskan untuk mengalihkan arus lalu lintas

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras dan angin kencang merobohkan atap gardu Gerbang Tol Cikunir II, Bekasi, Jawa Barat. Gerbang tol yang menjadi salah satu pintu masuk ke Ibu Kota ini ditutup dan lalu lintas kendaraan terpaksa dialihkan.

Meski telah mulai dilakukan perbaikan atas ambruknya atap tol tersebut, namun petugas Jasa Marga belum tahu kapan gerbang tol yang melingkari bagian luar Jakarta dapat kembali dibuka.

"Sampai saat ini kami masih belum dapat informasi kapan perbaikan atap gerbang tol selesai," ujar salah satu petugas Sentra Informasi Jasa Marga, Putra kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (14/2/2016).

"Jadi kami juga belum dapat informasi kapan gerbang tol ini akan kembali dibuka," imbuh dia.

Sejauh ini lanjut Putra, pihaknya baru memutuskan untuk mengalihkan arus lalu lintas. Kendaraan dari pintu Tol Bekasi Barat ke Kampung Rambutan menuju pintu Tol Halim atau Tol Dalam Kota.

Sementara itu, Humas Polres Bekasi Ipda Puji Astuti dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, menjelaskan, akibat yang ditimbulkan saat ini adalah ditutupnya 14 gardu tol akses menuju Tol Jakarta-Serpong-Bandara Soetta dan Tangerang.

Atas kejadian ini, Polres Bekasi juga telah melakukan beberapa upaya. "Pertama, menempatkan 3 unit KR R4 berikut 6 anggota Lantas bergabung dengan Satuan PJR Polda dan PJR Korlantas Polri di Gerbang Tol Cikunir II," kata Puji.

Kedua, melakukan pengalihan arus lalu lintas menuju Gerbang Tol Halim dan UKI. "Ketiga, berkoordinasi dengan Senkom Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ) untuk update situasi dan memberikan informasi kepada masyarakat pengguna jalan tol," beber Puji.

Selanjutnya, menurut Puji, pihak JLJ sedang melakukan upaya evakuasi atap yang roboh dengan menggunakan alat berat. Petugas gabungan juga mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di dalam Tol Jakarta-Cikampek dari arah Cikampek menuju Jakarta dan jalur arteri imbas dari penutupan akses gerbang Tol Cikunir II.

Menurut Puji, sistem komputerisasi tiket masih berfungsi dengan baik. Namun saat ini sedang dilakukan pemeriksaan terhadap jaringan serat optik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini