Sukses

Jokowi Kunjungi Silicon Valley dalam Lawatan ke AS

Jokowi sebelumnya sempat batal mengunjungi Silicon Valley pada akhir Oktober 2015, lantaran adanya kebakaran hutan.

Liputan6.com, Jakarta - Selain menghadiri US-ASEAN Summit di Sunnyland, California, Amerika Serikat, Presiden Joko Widodo juga diagendakan berkunjung ke Silicon Valley, kawasan industri teknologi raksasa di kota San Fransisco. ‎

Dalam penjelasan jelang keberangkatan ke AS, Jokowi menyampaikan bahwa kunjunganya ke Silicon Valley untuk bertemu para bos perusahaan teknologi seperti Apple Inc, Yahoo, Facebook, dan Google.

"Di ‎San Fransisco saya juga akan manfaatkan untuk berkunjung ke Silicon Valley. Di sana, saya akan melakukan pertemuan dengan CEO-CEO perusahaan raksasa IT," ujar Jokowi di Bandar Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Minggu (12/2/2016).
‎
Jokowi juga mengatakan akan bertukar pikiran dan menyampaikan upaya pemerintah dalam mendongkrak bisnis e-commerce di Tanah Air, sebagai salah satu penggerak ekonomi digital dan target pemerintah dalam mengembangkan bisnis e-commerce.

Dalam kunjungan pertama ke Amerika Serikat, pada akhir Oktober 2015, Jokowi sempat diagendakan berkunjung ke Silicon Valley. Namun rencana itu batal lantaran Jokowi mempercepat agenda kunjungannya di AS karena terjadi bencana kebakaran hutan di Tanah Air.

Ia pun kemudian mengutus Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama beberapa pengusaha Start Up di Indonesia untuk berkunjung dan menemui para pimpinan perusahaan teknologi besar di Silicon Valley. ‎

Selain berkunjung ke Silicon Valley, selama di San Fransisco, Jokowi juga akan ‎menyampaikan pidato kunci pada acara US-ASEAN Business Council (US-ABC) pada 17 Februari 2016.

Turut serta dalam rombongan Presiden, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Presiden dan rombongan dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Jumat pagi, 19 Februari 2016 mendatang. ‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini