Sukses

Gempa Sumba Buat Permukaan Tanah Bergeser 20 Cm

Meski begitu, kekuatan gempa Sumba yang mencapai 6,6 SR tidak membuat kerusakan yang signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 6,6 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur pada Jumat 12 Februari 2016 membuat pergeseran permukaan tanah sekitar 20 centimeter. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumba Barat Viktor Umbu.

"Pergeseran permukaan tanah tersebut terjadi di kantor Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Barat," kata dia saat dihubungi, Kupang, Minggu (14/2/2016), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga

Ia menjelaskan, walaupun kekuatan gempa mencapai 6,6 SR namun tidak terdapat kerusakan yang signifikan. Sementara itu tidak ada juga korban jiwa dalam gempa tersebut.

Sampai saat ini, baik pihak BPBD Sumba Barat, dibantu TNI, Polri serta Basarnas masih terus mendata kerusakan di sejumlah wilayah, khususnya di Kecamatan Lamboya, wilayah yang menjadi pusat gempa.

"Nanti baru diinformasikan lagi soal kerusakan-kerusakan yang terdata oleh kami. Sejauh ini ada tujuh sekolah yang rusak ringan, 10 rumah warga, fasilitas umum seperti Rumah Sakit juga ikut mengalami keretakan," ujar dia.

Berdasarkan parameter, kejadian gempa bumi ini disebabkan aktivitas subduksi di sekitar pantai selatan Sumba. Hasil analisis mekanisme sumber memperlihatkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh aktivitas sesar naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.