Sukses

Top 3: Penyebab Kematian 5 Guru dan Pegawai Honorer

Berita tentang penyebab meninggalnya 5 guru dan pegawai honorer menjadi kabar yang paling disorot pembaca sepanjang Sabtu ini.

Liputan6.com, Jakarta Demo guru dan pegawai honorer di Istana Merdeka Jakarta 3 hari terakhir memakan korban. 5 Guru dan pegawai meninggal.

Namun mereka meninggal bukan saat berunjuk rasa, melainkan dalam perjalanan menuju Jakarta dan pulang usai berdemonstrasi. Tapi faktor kelelahan diduga menjadi penyebab mereka meninggal.

Berita tentang penyebab meninggalnya 5 guru dan pegawai honorer menjadi kabar yang paling disorot pembaca sepanjang Sabtu ini (13/2/2016). Selain itu berita Lulung soal Kalijodo juga menarik perhatian pembaca.

Berikut 3 berita terpopuler yang terangkum dalam Top News:

1. Ini Penyebab Kematian 5 Guru dan Pegawai Honorer Demonstran

Demo Guru Honorer di Depan DPR (Liputan6.com/ Audrey Santoso)

Demonstrasi guru dan pegawai honorer hari ini kembali digelar di depan Istana Negara. Unjuk rasa hari ke-3 yang diikuti ribuan orang ini memakan 5 korban jiwa.

Namun mereka meninggal bukan saat berunjuk rasa, melainkan dalam perjalanan menuju Jakarta dan pulang usai berdemonstrasi. Tapi faktor kelelahan diduga menjadi penyebab mereka meninggal.

"Mereka itu ada yang meninggal saat pulang ke daerahnya, ada yang meninggal saat perjalanan ke sini (Jakarta)," ujar Ketua Forum Honorer K2 Indonesia Titi Purwaningsih kepada Liputan6.com Jumat (12/2/2016) malam.

2 Dari 5 orang yang dilaporkan meninggal itu, merupakan koordinator lapangan Forum Honorer K2 Indonesia.

"Satu orang koordinator lapangan asal Ciparay, dia meninggal dalam perjalanan berangkat demo," jelas Titi.

Selengkapnya...

2. Lulung: Kalau Ahok Tak Sanggup, Biar Saya ke Kalijodo

Ahok dan Haji Lulung.

Rencana pembongkaran kawasan prostitusi Kalijodo oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menuai respons berbagai pihak. Tak terkecuali dari Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana.

Pria yang akrab dipanggil Lulung itu berharap agar tidak ada kekerasan ‎dalam proses pembongkaran kawasan Kalijodo. Ia meminta agar Ahok lebih humanis dengan melakukan pendekatan terhadap tokoh-tokoh lokal di kawasan Kalijodo tersebut.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan‎ (PPP) itu tidak ingin insiden seperti saat penggusuran di Kampung Pulo pertengahan 2015 terulang lagi. Ia yakin, warga Jakarta bisa diajak dialog dengan baik.

"Harus berangkat dari tokoh lokal di situ. Jangan ada lagi backhoe terbakar. Jangan ada lagi gas air mata. Rakyat bisa diajak ngomong yang baik, secara manusiawi," ujar Lulung di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (12/2/2016).


Selengkapnya...

3. 5 Guru Honorer Demonstran di Istana Dilaporkan Meninggal Dunia

Seorang guru honorer yang berdemonstrasi di depan Istana jatuh pingsan karena kelelahan. (Liputan6.com/Muslim AR)

Sudah 3 hari ribuan guru honorer berdemonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta. Mereka meminta pemerintah untuk mengangkat mereka sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Hingga Jumat (12/2/2016), para guru masih bertahan di kawasan Monas. Tak sedikit dari mereka bertumbangan. Bahkan, ada 5 guru dan pegawai honorer yang dilaporkan meninggal dunia.

Ketua Umum Forum Honorer K2 Indonesia, Titi Purwaningsih, mengaku telah mendapat laporan bahwa ada 5 anggotanya yang meninggal dunia. "Satu orang asal Magelang, 3 orang asal Mentawai dan 1 orang asal Cipara," ujar Titi Purwaningsih kepada Liputan6.com.

Namun, ia memastikan 5 anggota yang meninggal itu bukan saat demonstrasi berlangsung. "Kalau selama aksi, saya pastikan enggak ada. Namun, mungkin saat menjalani perawatan, atau hal lainnya," kata Titi.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.