Sukses

Gempa Sumba Terasa hingga Mataram, Warga Lari ke Luar Rumah

Warga Mataram, NTB, mengaku getaran gempa Sumba cukup kuat dan lama.

Liputan6.com, Mataram - Getaran gempa 6,6 SR yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dirasakan warga kota Mataram, NTB. Mereka pun berhamburan ke luar rumah untuk mencari tempat lebih aman.

Pantauan Liputan6.com, saat gempa terjadi puluhan warga yang kala itu beraktivitas langsung berhamburan ke luar rumah. Mereka mencari tempat yang lebih aman.

"Gempanya lumayan besar lama, getarannya juga keras. Saya khawatir kalau berada di dalam ruangan makanya saya keluar," kata seorang warga bernama Irwan di Mataram, Jum'at (12/2/2016).

Kuatnya getaran gempa membuat netizen memposting status. Salah satunya Zhazha yang menulis bahwa gempa ini merupakan gempa terlama yang pernah terjadi.

"Ini Gempa paling lama sepanjang sejarah di Sumbawa. Allahu Akbar," tulis Zhaza di akun Facebooknya beberapa menit setelah gempa.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut terdeteksi berkekuatan 6,6 Scala Richter di 14 kilometer barat daya Sumba Barat, Provinsi NTT dengan kedalaman 10 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini