Sukses

Menlu Retno Tawarkan Pesawat Rekayasa Hujan RI ke Thailand

Menlu Retno mengatakan Indonesia punya sejarah bahwa Thailand pernah beli pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kembali kedatangan tamu penting. Ia adalah Menlu Thailand Don Pramudwinai.

Dalam pertemuan dengan Don, Menlu Retno 'berjualan' pesawat RI buatan PT Dirgantara Indonesia ke Negeri Gajah Putih.

"Kita punya sejarah, Thailand pernah membeli pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (DI)," ucap Menlu Retno di Gedung Pancasila, Kamis 11 Februari 2016.

"Oleh karena itu (saat Menlu Thailand datang) Indonesia menawarkan hasil dari industri strategis kita," ucap mantan Dubes RI untuk Belanda ini.

Ucapan Menlu Retno diperjelas oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir. Menurutnya, terakhir kali Thailand membeli pesawat dari Indonesia 2 tahun lalu.

"Pada 2014 Thailand membeli pesawat dari PT DI dari Indonesia CN 235 pesawat itu digunakan untuk kepolisian mereka," sebut pria yang kerap disapa Tata itu.

Tata mengatakan, saat ini, Thailand tak akan membeli pesawat jenis tersebut lagi. Sebab mereka tertarik dengan jenis CN-212 400.

"Sekarang pesawat yang ditawarkan adalah CN-212 400 yang dibuatkan untuk merekayasa hujan," ucapnya.

Tata pun menyatakan, Thailand kemungkinan membeli pesawat itu. Namun, belum bisa diketahui kapan rencana Negeri Gajah Putih itu akan diwujudkan.

"Ada ketertarikan dari mereka untuk membeli pesawat dari kita," pungkas Tata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.