Sukses

Jokowi: Tol Lintas Sumatera Bisa Dilewati Pemudik Saat Lebaran

Pembangunan infrastruktur ini akan memberikan nilai positif bagi Indonesia.

Liputan6.com, Lampung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau lokasi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera STA KM 77+200 di Desa Sabahbalau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Dalam kunjungan itu, Jokowi tak hanya meninjau dan memastikan pembangunan berjalan sesuai rencana, tapi juga ingin menunjukkan keseriusan pemerintah dalam membangun infrastruktur.

"Saya terus ingin menunjukkan tol Trans Sumatera ini tidak hanya ke dalam negeri, tapi juga ke luar negeri," ujar Jokowi di lokasi peninjauan melalui Tim Komunikasi Presiden, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

‎Pembangunan infrastruktur ini akan memberikan nilai positif bagi Indonesia. Yakni kredibilitas pemerintah di mata para investor dunia akan meningkat terhadap Indonesia.

"Sehingga kalau ada kepercayaan itu, ada arus uang masuk ke negara kita, akan ada arus investasi masuk ke Indonesia, akan ada arus modal masuk ke Indonesia," ucap Jokowi.

Mengenai kemajuan dari jalan tol Trans Sumatera ini, Jokowi ‎melihat pembangunannya berjalan sesuai perencanaan. Bahkan perkembangan pembangunan itu dinilai sangat cepat.

"Justru pembebasan lahan malah terlalu cepat," imbuh dia.

Karena terlalu cepatnya pembebasan lahan, Jokowi mengaku menerima keluhan dari Gubernur Lampung agar kinerja tersebut diiringi dengan kecepatan pendanaan. Hal itu akan segera dibicarakan dalam rapat di Jakarta.

"Kira-kira kita memang harus mempersiapkan Rp 1,2 triiliun untuk di Lampung," ucap Jokowi.

Jokowi telah 4 kali mengunjungi ruas jalan tol Trans Sumatera KM 77+200. Yakni 29 Mei 2015‎, 13 Juni 2015, 6 November 2015‎, dan 11 Februari 2016. Pengecekan proyek itu akan terus dilakukan hingga pembangunan rampung dilakukan.

"Saya akan cek lagi, cek lagi dan cek lagi,"‎ tegas Jokowi.

Melihat cepatnya pengerjaan pembangunan tol, ia yakin tol tersebut dapat segera dilintasi pengendara saat memasuki lebaran tahun ini.

"Karena konstruksi yang sudah ‎dicor sejauh 7,8 kilometer, hampir 8 kilo, sehingga diperkirakan pada saat lebaran beberapa ruas sudah dapat dicoba," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini