Sukses

VIDEO: Banjir Sumatera Meluas, Ratusan Rumah Terendam

Total lebih dari 240 rumah ditenggelamkan banjir yang mencapai ketinggian 5 meter.

Liputan6.com, Jambi - Banjir akibat luapan Sungai Batang Tebo terus meluas ke 2 desa lainnya di Kecamatan 7 Koto, Tebo, Jambi. Sejak Rabu malam, air terus menggenangi Desa Teluk Kayu Putih dan Desa Kuamang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (11/2/2016), rumah warga yang terendam hingga tenggelam jauh lebih banyak dari Desa Teluk Lancang, yakni lebih dari 190 rumah.

Badan Penanggulangan Bencana dibantu aparat keamanan TNI dan Polri mengevakuasi warga ke tenda-tenda darurat yang dibuat di sepanjang jalan Padang Lamo. Bantuan berupa makanan didistribusikan pada pengungsi maupun yang bertahan di atap rumah.

Sementara itu banjir di Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung, juga terus meluas. Tim SAR harus bekerja keras mengevakuasi korban banjir yang masih tinggal di rumahnya, termasuk barang-barang berharga. Selain akibat hujan deras, banjir meluas disebabkan air sungai dan laut yang terus meluap.

Ratusan warga Desa Kayu Besi, Kecamatan Puding Besar, Bangka Induk, Bangka Belitung, yang menjadi korban banjir terpaksa diungsikan ke pondok pesantren. Selain ponpes, 200 lebih kepala keluarga terpaksa mengungsi ke Puskesmas Desa.

Meski untuk makanan pun masih sulit, para korban banjir tetap memikirkan adanya bantuan peralatan sekolah untuk anak-anak mereka. Hal ini lantaran seluruh peralatan sekolah rusak terendam banjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.