Sukses

VIDEO: Belum Surut, Korban Banjir di Jambi Bertahan di Atap

Tidak hanya menenggelamkan rumah, ternak warga dipastikan banyak yang mati.

Liputan6.com, Jambi - Luapan Sungai Batang Tebo di kawasan Kecamatan VII Kotom, Rabu siang sedikit surut. Banjir yang semula mencapai 6 meter kini masih merendam rumah-rumah setinggi dada orang dewasa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (10/2/2016), sebagian warga masih bertahan di lantai dua rumah dan atap, sebagian lagi mengungsi ke jalan yang lebih tinggi. Banjir tidak hanya menenggelamkan rumah dan merusak barang rumah tangga. Ternak warga pun dipastikan banyak yang mati.

Di Kabupaten Kerinci, banjir bandang di kawasan Sandaran Agung memutuskan jalan yang menghubungkan 3 desa dengan Kota Sungai Penuh, Jambi.

Jembatan yang ada di atas jalan itu hanyut dan badan jalan ambles dibawa derasnya air. Banjir juga merusak kebun dan kolam ikan milik warga.

Di Bireuen, Aceh, sedikitnya 23 desa di Kecamatan samalanga, kebanjiran akibat luapan Sungai Batee Iliek. Tak hanya pemukiman, sekolah dan kantor polisi pun terendam banjir. Aktivitas warga pun lumpuh.

Warga terpaksa mengungsi di masjid atau menasah dan pesantren yang ada di kecamatan ini. Dapur umum darurat dibuat korban banjir, bantuan dari pemerintah hingga kini belum ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.