Sukses

VIDEO: Pasca-Hujan Deras, Sejumlah Titik di Ibu Kota Masih Banjir

Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah Ibu Kota sepanjang Selasa siang memicu banjir di beberapa titik.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja keras Pemprov DKI Jakarta mengatasi banjir masih berhasil maksimal. Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah Ibu Kota sepanjang Selasa siang, tak hanya menggenangi kawasan permukiman tapi juga sejumlah ruas jalan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (9/2/2016), air yang menggenangi kawasan permukiman di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa petang, mengagetkan para penghuninya. Tak biasanya kawasan itu terendam saat diguyur hujan dalam waktu singkat.

Saat hujan mengguyur pada siang hari saja, ketinggian air di sana sudah mencapai paha orang dewasa. Aktivitas warga pun terpaksa menggunakan perahu karet, meski jumlahnya terbatas.

Banjir tersebut dipicu meluapnya air Kali Mampang. Akses jalan dari arah Kemang menuju Duren Tiga, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, ikut terputus genangan air.

Akibatnya, pengendara terpaksa memilih jalan lain agar kendaraan mereka tidak mogok.

Jalan Salemba Raya juga tergenang setelah diguyur hujan deras. Genangan terjadi karena buruknya sistem pembuangan air.

Di beberapa titik, ketinggian air mencapai 30 centimeter, sehingga pengemudi memperlambat kecepatan. Kemacetan pun tak terhindarkan.

Tidak hanya menggenang di jalan utama, air juga merembes ke kawasan permukiman di Johar Baru.

Genangan air juga terlihat di Jalan Inspeksi Kali Kanal Banjir Barat, Kawasan Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat, Selasa menjelang petang. Jalan alternatif penghubung kawasan Roxy dan Tambora di sisi Kanal Banjir Barat itu tergenang dengan ketinggian mencapai 30 centimeter.

Pengguna jalan pun memperlambat laju kendaraan, sehingga memicu kemacetan menjelang jam pulang kerja.

Meski Pemprov DKI sudah bekerja keras mengatasi banjir, namun warga masih cemas karena kawasan tempat tinggal dan usaha mereka tetap terkena banjir setelah diguyur hujan.

Gubernur Ahok beserta jajarannya dituntut lebih serius mengatasi banjir, sehingga warga Ibu Kota tidak lagi dihantui banjir saat diguyur hujan deras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.