Sukses

SMS Mesra Bisa Hilangkan Pahala Puasa

Ber-SMS mesra atau pacaran bisa menghilangkan pahala puasa bagi orang yang menjalaninya. Karena itu, "ngabuburit" sebaiknya diisi dengan membaca Alquran.

Liputan6.com, Jakarta: Puasa bukan cuma menahan lapar dan haus. Menurut hadits Nabi Muhammad SAW, orang yang berpuasa juga diharuskan menghindari perkataan dusta dan perbuatannya. Dalam hadits lain juga dikatakan jangan berbuat rusak, jahat, dan berkata-kata rayuan atau cenderung ke pornografi.

"Dengan demikian, orang-orang yang ngabuburit sambil ber-SMS atau mungkin berpacaran berpeluang mendapatkan sesuatu yang buruk dari nilai puasanya," kata Ustaz Subki Al-Buguri, Sabtu (5/9). "Malahan bisa batal (puasa) sama sekali."

Karena itu, Ustaz Subki menyarankan bagi yang menikah untuk menahan diri. "Karena yang sudah resmi suami istri saja, pada siang hari diperintahkan untuk menghindari, apalagi yang belum sah sebagai suami istri," ujar Ustaz Subki. Seandainya hal tersebut tak membatalkan puasa, namun dapat mengurangi pahalanya. "Tentu kita tidak menginginkan pahala puasa berkurang," kata Ustaz Subki.

Untuk itu, saran Ustaz Subzi, ada baiknya ngabuburit diisi dengan cara-cara yang lebih bagus, seperti baca Alquran, berzikir, atau membaca sesuatu yang bermanfaat.(BOG/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini