Sukses

Banyak Taman Rusak, Ahok Sebut Bawahannya Hanya Pikirkan Proyek

Ahok iri melihat kegigihan warga Inggris yang tinggal di Indonesia merawat Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Borobudur.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak heran dengan kondisi taman di Jakarta yang tidak terawat. Masalah perawatan memang menjadi hal yang belum juga terselesaikan, seperti yang terjadi pada Taman Aktif di bawah flyover Klender.

"Kita itu pinter buat, enggak bisa rawat. Itu persoalannya. Otak proyek, rusak, duit lagi keluar," kata Ahok saat meresmikan 10 taman baru di Taman Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (9/2/2016).

Mantan Bupati Belitung Timur itu sangat iri melihat kegigihan warga Inggris yang tinggal di Indonesia merawat Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Borobudur. Mereka justru lebih senang ikut merawat taman itu.

"Di RPTRA Borobudur bule Inggris sengaja tinggal di sana 5 tahun untuk nanam pohon," kata Ahok.

Ahok kini merasa ketegasannya kurang ditanggapi serius para bawahannya. Sehingga target Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30 persen belum juga terpenuhi.

"Kayaknya kurang 'kerang' marahnya, masih terlalu baik. Ini otaknya proyek, taman rusak bagaimana duit keluar lagi. Taman di Jakarta RTH 30 persen enggak pernah capai, 10 persen saja enggak," pungkas Ahok.

Sebelumnya, taman yang berada tepat di bawah flyover Klender itu nyaris tak terawat. Hampir semua fasilitas yang ada di taman ini rusak parah.

Padahal, di taman ini, warga bisa menikmati fasilitas seperti ayunan, arena skateboard, lapangan futsal, dan tempat duduk beton yang tingginya berbeda. Hanya saja, semua fasilitas itu tidak bisa dinikmati lagi.

Arena skateboard yang terbuat dari beton halus ini kini bolong. Lubang besar menganga di bagian seluncuran skateboard. Tersisa besi behel penyangga tipis. Celah besar menganga itu malah digunakan untuk menaruh sampah. Bahkan, seluruh seluncuran hancur tak berbentuk.

Hal serupa juga terjadi dengan lapangan futsal. Beton halus yang menjadi alas lapangan rusak. Beton berlubang di tengah lapangan, gawang hilang, dan kawat penghalang putus di beberapa bagian. Alas duduk rusak.

Tanaman yang menjadi bagian utama dari taman juga bisa dihitung jumlahnya. Taman lebih banyak dihiasi tanah merah tandus tak bertanaman.

Hari ini pula Ahok meresmikan 10 taman baru di Jakarta sebagai RTH. Taman-taman itu adalah Taman Jagakarsa, Taman Cakung, Taman Kelapa, Taman Lebak Bulus 3, Taman Maja, Taman Zodia, Taman PPA, Taman Sunter, Taman Tanjung 2, dan Taman Kalibaru Timur.

Peresmian 10 taman baru ini dilakukan di Taman Jagakarsa. Selain itu, proses penataan Plaza Reformasi di TPU Pondok Rangon diresmikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.